PERKENALAN
Tujuan : Peserta dapat saling mengenal satu sama lain dan dapat mengakrabkan diri.
Metode : Game keluarga ayam
Waktu : 15 menit
Langkah-langkah :
Bukalah pelatihan dengan mengucapkan salam perkenalan dengan seluruh peserta dan awalilah dengan perkenalan diri oleh fasilitator.
Setelah itu ajaklah peserta untuk sama-sama saling berkenalan melalui game keluarga ayam
Fasilitator membagi peserta menjadi 3 kelompok, kelompok satu ayam jantan dengan suara ”kok-kok-kok”, kelompok dua ayam betina dengan suara ”kuk-kuk-kuk”, kelompok tiga anak ayam dengan suara ”kik-kik-kik”
Cari keluarga ayam yang baru terdiri dari ayam jantan, ayam betina, dan anak ayam.
Fasilitator memberikan waktu selama 3 menit kepada masing-masing kelompok untuk saling memperkenalkan diri
Fasilitator memberikan instruksi ayam jantan berkumpul dengan ayam jantan, ayam betina berkumpul dengan ayam betina, anak ayam berkumpul dengan anak ayam.
Fasilitator memberikan waktu selama 3 menit kepada masing-masing kelompok untuk saling memperkenalkan diri.
Fasilitator menunjuk salah satu kelompok untuk dimintai pendapatnya apakah sudah kenal dengan beberapa peserta
Fasilitator memberikan arahan jika ingin berkenalan lebih lanjut, dapat dilakukan diluar forum
Setelah selesai ajaklah seluruh peserta untuk tepuk tangan sebagai apresiasi untuk semuanya. Dan katakan kepada peserta bahwa penting sekali untuk kita seluruhnya saling mengenal satu sama lainnya.
KONTRAK BELAJAR
Tujuan : Peserta membuat aturan-aturan yang disepakati oleh seluruh peserta untuk mempelancar proses pelatihan.
Metode : Brainstorming atau curah pendapat
Media :
Flipchart
Spiol
Waktu : 20 menit
Langkah-langkah
Fasilitator memberikan penjelasan dan meminta ijin kepada peserta mengenai waktu dan sarana-sarana yang mendukung proses fasilitasi
Ajaklah peserta untuk memberi masukan kira-kira apa kontrak belajar yang akan dibuat agar kegiatan terlaksana dengan baik.
Dari masukan seluruh peserta tersebut fasilitator mencatatnya pada flipchart untuk mempermudah diingat kemudian tanyakan kembali kepada seluruh peserta untuk setiap masukan ide apakah kira-kira dimasukan dalam aturan kontrak belajar yang akan disepakati? Jika ya, masukan kedalam listnya.
Setelah itu jika sudah cukup bacakanlah kembali seluruh kontrak belajar dan tanyakan apa sanksi yang akan diberikan jika dilanggarnya aturan yang telah dibuat tersebut
Fasilitator membagi peserta menjadi 3 kelompok, dimana masing-masing kelompok mempunyai tugas menjadi time keeper dan review
Setelah tersusun semuanya bacakan sekali lagi kontrak belajar yang disepakati dan sanksi yang telah dibuat dan kemudian sahkanlah untuk diberlakukan mulai dari sesi ini ditutup.
Tutuplah sesi dengan mengajak peserta untuk melanjutkan sesi berikutnya dengan menampilkan jadwal yang sudah dibuat
ORGANISASI DAN PARTISIPASI
TUJUAN :
• Peserta mempunyai motivasi dn kebutuhan terbentuknya forum anak di setiap kab/ kota di jawa Tengah .
• Peserta mempunyai motivasi untuk mengembangkan Forum Anak sebagai sarana/wadah organisasi sebagai perwujudan partisipasi anak dalam proses perubahan/pembangunan
METODE.
Menggunakan pendekatan game/permainan, yang kemudian dipertjam dan didalami melalui diskusi kelompok dan presentasi..
WAKTU
45 menit
MEDIA
Kertas plano 5 lembar
Spidol 3
Lakban kertas
LANGKAH-LANGKAH.
1. fasilitatot membuka dan menyampaikan tujuan dan metode kegiatan.
2. fasilitator menjelaskan tatacara permainan. “kelompok diam “
3. Peserta workshop dibagi menjadi 2 kelompok.
Intruksi 1. silahkan urutkan dari depan ke belakang dari yg badanya paling tinggi ke yang rendah dalam hitungan ke 10
4. Fasilitator memeriksa ke dua kelompok apakah peserta workshop berhasil memjalankan apa yg di intruksikan sebagai penyemangat, fasilitator menentukan tim\ kelompok mana yg lebih unggul
Intruksi 2. silahkan urutkan dari belakang ke depan, dari yg bulan lahirnya sedikit ke yang banyak dalam hitungan ke 10, setelah hitungan ke10,fasilitator kembali memeriksa ke2 kelompok tersebut dan mementukan siapa yg berhasil menjadi lebih unggul
Intruksi 3. silahkan urutkan dari belakan ke depan, dari yg tanggal lahirnya kecil ke t anggal lahir yg besar, dalam hitungan ke10,
5. fasilitator kembali memeriksa kelompok manakah yg lebih unggul
6 Fasilitator mengajak peserta kembali kepada kelompoknya untuk mendiskusikan arti permainan tersebut dengan pertanyaan sebagai berikut:
A) Apa sajakah yg dibutuhkan dalam suatu organisasi, agar organisasi tersebut berjalan dengan baik ?
B) Bagaimana cara agar organisasi dapat berjalan dengan baik?
( pemimpin yg dapat mengatur jalanya kelompok atau organisasi, menyatukan tujuan atau visi misi, progam kerja, pengurus organisasi, )
C) Apa saja yg harus dihindari dalam proses berorganisasi.?
Pengambilan keputusan seringkali terlambat ataupun seringkali kurang baik.
Organisasi tidak mampu bereaksi dengan baik terhadap perubahan kondisi lingkungan.
Dalam organisasi seringkali terjadi pertentangan
- setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan peserta lain dikasih ruang untuk mengkritisi
- Fasilitator menarik kesimpulan hasil dari presentasi kelompok. Dan diakhiri dengan tepuk tangan
Komunikasi .
Tujuan : Peserta workshop memahami cara berkomunikasi dengan baik. .
Metode : Permainan, diskusi kelompok dan presentasi.
WAKTU
45 menit
MEDIA
Kertas plano 5 lembar
Spidol 3
Lakban kertas
Langkah-langkah
1. Fasilitator menjelaskan tata cara permainan “ komuni kata
2. fasilitator membagi peserta workshop menjadi 2 kelompok
3. fasilitator memberitahukan kepada peserta yg paling depan tentang kata kata yg akan di sampaikan kepada peserta lain satu kelompoknya.
4. fasilitator memberikan waktu kepada peserta untuk mengkomunikasikan kepada peserta saatu kelompoknya sampai dengan pada peserta paling akhir.
5. fasilitator mengecek proses bermain dan menyimpulkan makna permainan.
6. Fasilitator mengajak peserta untuk mendiskusikan arti permainan tersebut dengan pertanyaan sebagai berikut:
a. Apakah peran komunikasi dalam organisasi.???( sebagai sarana koordinasi kepada unit unit yg ada di organisasi sarana penugasan & laporan.)
b. bagaimana cara agar kmunikasi dapat berjalan dengan baik( sinergi, berpikir pada tujuan, ada sarana pendukung, berpikir ke depan, komitmen)
c. hambatan apasajakah dalam proses berkomunikasi organisasi
v tidak adanya prosedur yg jelas
v kurangnya penjelasan
v media yg kurang tepat
v kurangnya pemahaman dalam membaca pesan
v Dalam komunikasi seringkali terjadi pertentangan\ menganggap diri sendiri merasa benar.
- setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan peserta lain di kasih ruang untuk mengkritisi
- Fasilitator menarik kesimpulan hasih dari presentasi kelompok.
IDENTIFIKASI MASALAH
TUJUAN :
1. Mengetahui peta permasalahan anak di setiap kab/kota.
2. Tersosialisasikannya hak-hak anak KHA ( hak-hak Anak ) spidol,
3. Mengsosialisasikan keberadaan FAJT.
METODE :
Permainan/game dan diskusi
Role Play
MEDIA :
Kertas plano , SPIDOL, SYAIR LAGU dan LCD
WAKTU :
45 MENIT
LANGKAH-LANGKAH :
- Failitator menyapa peserta melalui tepuk hak anak, mengenalkan diri dan menjelaskan tujuan, metode dan proses kegiatan.
- fasilitator mengajak peserta bermain web spider ( dengan menjelaskan aturan main permainan )
- Fasilitator membagi peserta menjadi beberapa kelompok sesuai jumlah peserta.
- Fasilitator mengajak peserta mendiskusikan kesimpulan dari permainn yang telaah dilakukan.
- fasilitator mengembalikan ke kelompok masing-masing ,kemudian memberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakaan dengan cara mendiskusikannya di tingkat kelompoknya.
Pertanyaan :
- Masalah apa saja yang kau ketahui di sekelilingmu, berkaitan dengan hak-hak anak ?
- Hak-hak apa saja yang semestinya dilindungi dalam masalah tersebut ?
- Menurut anda bagaimana cara mengatasi persoalan/masalah tersebut ?
- Fasilitator mengajak masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
- Fasilitator mengajak masing-masing kelompok untuk memberikan tanggapan dari hasil diskusi kelompok.
- Fasilitator menyimpulkan hasil diskusi serta masukan/tanggapan kelompok, serta memberikan aplus atas proses proses diskusi.
- Fasilitator meminta 5 orang relawan untuk memainkan drama pendek. ( Keluarga, masyarakat, anak, pemerintah dan anggota FAJT ) Catatan : Fasilitator harus menyiapkan naskah drama pendek berdurasi 10 menit yang mencertakkan soal masalah anak yang bisa ditangani oleh masyarakat,pemerintah dan FAJT )
- Fasilitator menyimpulkan hasil proses kegiatan, sekaligus memberikan rekomendasi atas kesimpulan tersebut .
- Fasilitator menutup sesi ini, dengan mengajak peserta bernyanyi lagu hak anak merdeka dan tepuk hak anak.
yair lagu hak anak merdeka
Hak anak merdeka yang harus didapat
Bermain pendidikan dan perlindungan
Akte kelahiran asuhan keluarga
Kesehatan kesamaan peran dalam perubahan.
TUJUAN
Munculnya leader-leader organisasi yang mengetahui tata cara berorganisasi ( efektitif sesuai kebutuhan ) di setiap kab/kota
Metode
Permainan, diskusi, ceramah, persentasi
Media
Saund system, materi, LCD, Laptop, metaplan, lakban, gunting, spidol, kertas plano ,
Waktu : 45 menit
Langkah-langkah
1. fasilitator mengkosentrasikan peserta melalui tepuk hak anak dan menjelaskan tujuan kegiatan pada topic ini, dan metodenya.
2. Fasilitator mengajak peserta bermain sekaligus menjelaskan tata cara permainan.
3.
4. Fasilitator memandu permaianan. Dan kemudian menyimpulkan makna dari permainan tersebut yang dikorelasikan dengan tujuan kegiatan
5. fasilitator membagi kelompok diskusi dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut :
a. bagaimana cara memimpin /mengorganisir dengan baik dalam organisasi ?
b. Bagaimana cara anda dalam mewujudkan mimpi/harapan organisasi ?
c. Bagaimana cara mengatasi persoalan yang seringkali muncul dlam organisasi ?
6. fasilitator memndu diskusi
7. fasilitator memandu presentasi kelompok
8. fasilitator dan peserta menyimpulkan hasil diskusi. Dan menutupnya dengan tepuk tangan.
PENTINGNYA JARINGAN
Tujuan : peserta workshop memahami pentingnya suatu jaringan
METODE
Permainan dan diskusi
MEDIA
Tali rafia
WAKTU
30 menit
LANGKAH LANGKAH
- fasilitator meminta pesarta agar membuat lingkaran dan menjelaskan tata cara permainan jejaring
- fasilitator berada di tengah dan melempar raffia dan menanyai harapan dan pesan kesan saat acara, pesarta yg mendapat raffia melempar gulungan raffia ke teman yg lain sampai peserta mandapatkan raffia,
- fasilitator merada di luar dan masuk kedalam lingkaran sambil merusak jaringan raffia yg ada pada peserta.
- Fasilitator meserta untuk mendiskusikan arti permainan tersebut dengan pertanyaan sebagai berikut:
Apakah organisasi perlu jaringan yg kuat??///mungkinkah kita berjalan sendiri????
Apakah organisasi dapat berdiri sendiri ???( apakah FA di masing masing daerah tidak perlu jaringan???